Selasa, 18 September 2012

Apakah Memasang Iklan Buruk Bagi Situsmu?

Ada seorang blogger sepakbola yang sangat saya hormati. Dia orangnya kreatif, pandai mengolah kata dan sangat sportif. Saya selalu mendoakan sukses buat situsnya sepaxbola.info.

Sayangnya belakangan ini sang blogger memasang iklan di situs sepaxbola, yang menurut saya jumlahnya terlalu banyak. Saya jadi penasaran, apakah penggunanya merasa terganggu dengan jumlah iklan ini? Mungkin saya tidak akan pernah tahu jawaban ini, kecuali kalau saya tanya langsung ke blogger ini.

Terlepas dari rasa suka atau tidak suka pengguna, ternyata Google sendiri tidak suka dengan jumlah iklan yang berlebihan. Buat para webmaster atau blogger, memasang iklan boleh saja, tapi hati-hati, jika terlalu banyak bisa dihukum oleh Google.

5 komentar:

  1. Supaya pertanyaannya terjawab, baiklah biar bloggernya langsung yg menjawab.. >,< :D

    Tentu saja pembaca sangat terganggu, ini terlihat dari keterikatan pembaca yg semakin menurun, bisa dilihat dari indikator page per view dan time on site. Dari indikator tersebut, kesimpulan gampangnya adalah: pembaca makin tidak nyaman dan ingin lebih cepat meninggalkan situs. Alasan paling rasional adalah keindahan pandangan mata dan loading halaman :)

    Tapi dari sisi traffict dari search engine, blm ada perubahan berarti. Mungkin karena algoritma ini masih baru, jadi belum terlalu berasa dampaknya. Tapi ini jadi informasi dan masukan buat blog yg terlalu banyak iklan, biar tidak salah strategi ke depannya. Thankyou very much :)

    BalasHapus
  2. Seingat saya Google menyatakan bahwa hanya di bawah 1% situs yang terkena dampak algoritma Penguin. Jadi memang tidak banyak situs yang kena.

    BalasHapus
  3. Sejak tulisan ini, dibuat.. saya makin peduli dg masalah ini. Dan teori ini BENAR, google benar2 menghukum situs yg kebanyakan iklan, apalagi iklan yg ada di bagian atas halaman shg membuat konten "terdesak" :)

    Silakan jika ingin belajar dr pengalaman saya berikut..

    Sptnya google membaca blog ini, haha. Sblumnya saya gak terkena dampak terlalu signifikan. Tp sejak tulisan ini dibuat, kok menurunnya makin tajam. Tulisan ini seolah memberitau google utk menurunkan peringkat blog saya >,<

    Tp ini jg menjadi perhatian buat saya pribadi Sejak itu, saya berusaha mencari cara sebisa saya. Akhirnya ketemu cara ini: iklan2 yg sdh terlanjur dibayar itu tdk saya tampilkan di beberapa halaman utama. Mereka tetep dpt haknya, krna masih tampil di sebagian besar halaman.

    Hasilnya ajaib. Sekarang blog saya memang cm dpt traffict google lewat beberapa halaman andalan saja. Tp jumlah traffict yg hanya dihasilkan beberapa halaman ini skrang lebih tinggi dari total traffict semua halaman saat iklan msh ada dmana2!! Skrg saya jd sangat berterimakasih dg tulisan ini, hehe. Saya gak terlalu peduli dg pageview yg menurun gara2 visitor malas ke halaman lain yg bnyak iklannya, karena tujuan saya sekarang memang hanya mengoptimalkan traffictnya, dan sebisa mungkin mengalihkan mereka ke blog yg baru, yg lebih "bersih".

    Intinya, kebersihan blog memang sdh jd syarat penting. Dan hasilnya memang sangat signifikan. Skrg saya sangat2 menyadarinya, hehe.

    Thanks bung Jon :)

    BalasHapus
  4. Menurut aku pasti menggangu
    apalagi kalau iklannya harus di klik "close" untuk mengusir iklan itu >,< tapi sayang juga kalau ada bagian putih di suatu web, harusnya bisa di design agar iklan bisa dapat dipasangkan, dan programmer pun akan mendapatkan hasilnya yang dapat membuat web tersebut makin keren.

    Akhir-akhir ini Twitter juga kebanyakan iklan, di timeline pasti ada tweet yang di promoted, di bagian who to follow juga ada yg di promoted, dan itu juga agak menggangu, tapi sang pencipta twitter bilang itu hanya sementara karena twitter sedang membutuhkan uang (?)

    saya juga tak tau untuk apa uang itu :P tapi yang pasti pengguna twitter akan cepat meninggalkan twitter karena begitu banyak iklan, mereka tidak belajar dari kesalahan Facebook yang dulunya di kanan kolom full dengan iklan yang menyebalkan

    semoga TCV ga kayak mereka
    begitu pula sepaxbola

    semoga kalau ada iklan di TCV jangan kebanyakan :P

    BalasHapus